Sasaran PSPG dan Strategi Pencapaiannya per Tahun
Sasaran |
Strategi Pencapaian |
Tahun |
Indikator
Capaian |
|||||||
2014 | 2015 | 2016 | 2017 | 2018 | 2019 | 2020 | 2021 | |||
Peningkatan kualitas SDM (tenaga pendidik dan tenaga kependidikan)
|
Memberikan kesempatan studi lanjut bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S2/S3) | 1 orang
|
– | – | 1 orang | 2 orang | – | 1 orang | 1 orang | Pada tahun 2021, 30 % dari dosen PSPG bergelar doktor. |
Memberi kesempatan kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengikuti lokakarya, seminar, pelatihan, workshop, studi banding | 1 orang | 1 orang | 1 orang | 1 orang | 1 orang | 1 orang | 1 orang | 1 orang | Setiap tahun ada tenaga pendidik atau tenaga kependidikan yang mengikuti lokakarya, seminar, pelatihan, workshop, studi banding. | |
Mempertahankan keberlanjutan (sustainability) tenaga pendidik dengan penerimaan baru | 1 orang | 1 orang | 1 orang | 1 orang | – | – | – | – | PSPG minimal memiliki 1 orang tenaga kependidikan dan 2 orang laboran | |
Mempertahankan rata-rata kehadiran dosen pada perkuliahan dengan penerapan Berita Acara Perkuliahan | 14 | 14 | 16 | 16 | 16 | 16 | 16 | 16 | Rata-rata kehadiran dosen mencapai maksimal
(16 pertemuan) |
|
Melakukan monitoring dan evaluasi (monev) internal kinerja secara berkelanjutan, dan memberi penghargaan bagi tenaga akademik dan non akademik yang berprestasi | 1 orang | 1 orang | 1 orang | 1 orang | 1 orang | 1 orang | 1 orang | 1 orang | Setiap tahun ada minimal satu orang dosen yang menjadi nominasi dosen berprestasi di lingkungan internal Unila | |
Peningkatan fasilitas, sarana, dan prasarana pendukung perkuliahan | Penambahan jumlah ruang kuliah (RK), ruang dosen (RD), ruang seminar(RS), ruang ujian (RU), ruang baca (RB), ruang kemahasiswaan (RH), ruang laboratorium (RL), dan ruang serbaguna (RSG) | 1 RK
1 RD 1 RS 1 RB 1 RH 1 RL
|
1 RK
1 RD 1 RU 1 RSG 1 Lab Alam Mini Met Klim |
1 RK
1 RL |
1 RK
1 RL |
1 RK
1 RL |
1 RK
1 RL |
1 RK
1 RL |
1 RK
1 RL |
Pada tahun 2021, PSPG memiliki fasilitas dan sarana-prasarana pendukung perkuliahan yang lengkap dan mutakhir |
Meningkatkan jumlah peralatan multimedia pendukung perkuliahan
|
1 LCD Projector | 1 LCD Projector | 1 LCD Projector | 1 LCD Projector | 1 TV LED | 1 TV LED | 1 TV LED | 1 TV LED | Ada penambahan jumlah peralatan multimedia minimal 1 buah per tahun | |
Meningkatkan jumlah alat-alat laboratorium pembelajaran geografi sebagai penunjang kegiatan praktikum | 5
komputer/ Laptop 1 GPS 1 Drone 2 Teropong Bintang 1 Soil Tester 1 Current Meter 1 Stereoskop 1 Anemometer |
5
komputer/ Laptop 1 GPS 1 Drone 1 Teropong Bintang 1 Soil Test Kit 1 Munsel Book 1 Set Alat Observasi Met-Klim Mini |
5
komputer/ Laptop 1 GPS 1 Stereoskop |
5
komputer/ Laptop 1 GPS 1 Stereoskop |
5 komputer/
Laptop 1 GPS 1 Drone 1 Stereoskop |
5 komputer/
Laptop 1 GPS 1 Stereoskop |
5 komputer/
Laptop 1 GPS 1 Stereoskop |
5 komputer/
Laptop 1 GPS 1 Stereoskop |
Pada tahun 2021, Lab PSPG memiliki alat-alat laboratorium yang lengkap dengan jumlah memadai | |
Penambahan jumlah pustaka/referensi berupa buku teks, buku ajar, bahan ajar, dan jurnal ilmiah (baik cetak maupun e-book)
|
10 judul buku teks
2 buku ajar ber- ISBN 2 jurnal |
10 judul buku teks
2 buku ajar ber- ISBN 2 jurnal |
10 judul buku teks
2 buku ajar ber- ISBN 2 jurnal |
10 judul buku teks
2 buku ajar ber- ISBN 2 jurnal |
10 judul buku teks
2 buku ajar ber- ISBN 2 jurnal |
10 judul buku teks
2 buku ajar ber- ISBN 2 jurnal |
10 judul buku teks
2 buku ajar ber- ISBN 2 jurnal |
10 judul buku teks
2 buku ajar ber- ISBN 2 jurnal |
Tiap tahun, ada penambahan jumlah buku teks di ruang baca, buku ajar ber ISBN oleh dosen PSPG, dan bahan ajar | |
Pengembangan kurikulum dan kualitas pembelajaran | Melaksanakan diskusi rutin pada tiap awal semester tentang kurikulum, perkuliahan, bimbingan skripsi, jurnal, kode etik, dan kegiatan kemahasiswaan yang diikuti oleh dosen, mahasiswa dan alumni. | 1 kali | 1 kali | 1 kali | 1 kali | 1 kali | 1 kali | 1 kali | 1 kali | Diskusi terlaksana dengan rutin, minimal 1 kali per tahun |
Meningkatkan kualitas praktikum (kuliah lapangan) melalui resources sharing dengan instansi lain (sekolah, BMKG, LIPI, BIG) | 1 kali | 1 kali | 1 kali | 1 kali | 1 kali | 1 kali | 1 kali | 1 kali | Kegiatan praktikum melalui resources sharing dengan instansi lain terlaksana minimal 1 kali per tahun | |
Mengefektifkan kegiatan tutorial akademik melalui seminar rutin prodi yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Geografi (IMAGE) tiap semester | 1 kali | 1 kali | 1 kali | 1 kali | 1 kali | 2 kali | 2 kali | 2 kali | Terlaksananya kegiatan tutorial akademik secara rutin, minimal 1 kali per tahun | |
Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ilmiah seperti stadium general, seminar nasional dan berbagai pelatihan-pelatihan, baik sebagai pemakalah maupun peserta
|
1 mhs | 1 mhs | 1 mhs | 1 mhs | 1 mhs | 1 mhs | 1 mhs | 1 mhs | Setiap tahun, ada mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ilmiah | |
Meningkatkan jumlah perkuliahan yang meng-gunakan TIK dan E-Learning
|
75% TIK dan
25% E-Learning |
75% TIK dan
25% E-Learning |
75% TIK dan
25% E-Learning |
75% TIK dan
50% E-Learning |
100% TIK dan
50% E-Learning |
100% TIK dan
50% E-Learning |
100% TIK dan
75% E-Learning |
100% TIK dan
75% E-Learning |
Peningkatan persentase MK yang memanfaatkan TIK dan E-Learning tiap tahun | |
Meningkatkan interaksi antar sivitas akademika melalui peringatan hari kegeografian (hari bumi, hari air, dan lain-lain)
|
1 kali | 1 kali | 1 kali | 1 kali | 2 kali | 2 kali | 2 kali | 2 kali | Setiap tahun, terselenggara minimal ada 1 peringatan hari kegeografian | |
Meningkatkan kualitas Perangkat Pembelajaran (RPS dan SAP) | 80% memiliki skor monev internal > 900 | 80% memiliki skor monev internal > 900 | 90% memiliki skor monev internal > 900 | 90% memiliki skor monev internal > 900 | 90% memiliki skor monev internal > 900 | 100% memiliki skor monev internal > 900 | 100% memiliki skor monev internal > 900 | 100% memiliki skor monev internal > 900 | Ada peningkatan persentase nilai monev internal perangkat pembelajaran | |
Meningkatkan peranan pengguna lulusan dalam pengembangan kurikulum | 10% | 10% | 10% | 20% | 20% | 20% | 30% | 30% | Tiap tahun, ada peningkatan jumlah pengguna lulusan yang dilibatkan dalam pengembangan kurikulum | |
Peningkatan kualitas mahasiswa dan lulusan serta percepatan masa mukim mahasiswa | Menggunakan buku kendali akademik untuk menciptakan suasana bimbingan yang teratur, kondusif, dan dinamis. | 2 kali | 2 kali | 2 kali | 2 kali | 3 kali | 3 kali | 3 kali | 3 kali | Pelaksanaan bimbingan akademik minimal 2 kali per semester |
Menggunakan lembar konsultasi bimbingan skripsi yang digunakan untuk mengontrol lama masa bimbingan mahasiswa. | 12 bulan | 11 bulan | 11 bulan | 10 bulan | 9 bulan | 8 bulan | 7 bulan | 6 bulan | Adanya percepatan masa bimbingan skripsi dari tahun ke tahun | |
Penerapan payung penelitian dosen untuk beberapa mahasiswa dalam rangka percepatan masa studi | 3 mhs | 3 mhs | 5 mhs | 5 mhs | 7 mhs | 7 mhs | 10 mhs | 10 mhs | Peningkatan jumlah mahasiswa dalam payung penelitian dosen | |
Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penggunaan ICT | 70% mhs | 80% mhs | 90% mhs | 100% mhs | 100% mhs | 100% mhs | 100% mhs | 100% mhs | Peningkatan persentase mahasiswa yang menguasai ICT | |
Meningkatkan kemampuan penggunaan bahasa inggris dan nilai TOEFL mahasiswa | 400 | 410 | 420 | 430 | 440 | 450 | 460 | 470 | Peningkatan rerata nilai TOEFL mahasiswa tiap tahun | |
Penerapan standar indikator penilaian dalam rangka peningkatan rerata IPK mahasiswa dan jumlah lulusan dengan predikat cum laude | IPK 3,0
20% cumlaude |
IPK 3,0
20% cumlaude |
IPK 3,1
20% cumlaude |
IPK 3,1
20% cumlaude |
IPK 3,2
30% cumlaude |
IPK 3,2
30% cumlaude |
IPK 3,3
30% cumlaude |
IPK 3,3
30% cumlaude |
Peningkatan rerata IPK mahasiswa | |
Percepatan masa tunggu lulusan | Menyelenggarakan bursa kerja serta meningkatkan komunikasi dan jejaring alumni sebagai pengguna lulusan | 3 bulan | 3 bulan | 2 bulan | 2 bulan | 1 bulan | 1 bulan | 1 bulan | 1 bulan | Ada percepatan masa tunggu lulusan |
Peningkatan jumlah judul penelitian dosen
|
Mengadakan workshop dan pelatihan penulisan proposal penelitian serta adanya roadmap penelitian di tingkat universitas dan fakultas | 3 penelitian | 3 penelitian | 4 penelitian | 4 penelitian | 5 penelitian | 5 penelitian | 6 penelitian | 6 penelitian | Peningkatan jumlah judul penelitian dosen |
Peningkatan jumlah dana penelitian dosen . | Memberikan alternatif sumber dana penelitian baik melalui hibah fakultas, universitas, maupun hibah eksternal (nasional dan internasional) | 50 juta | 50 juta | 75 juta | 100 juta | 125 juta | 150 juta | 175 juta | 200 juta | Peningkatan jumlah dana penelitian |
Peningkatan jumlah publikasi dosen baik tingkat nasional maupun internasional.
|
Pelatihan penulisan artikel dan workhop akses jurnal online | 2 jurnal | 2 jurnal | 3 jurnal | 3 jurnal | 4 jurnal | 4 jurnal | 5 jurnal | 5 jurnal | Peningkatan jumlah publikasi dosen per tahun |
Peningkatan jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PPM) | Mengadakan workshop dan pelatihan penulisan proposal PPM serta adanya kerjasama dengan stakeholders | 3 PPM | 3 PPM | 4 PPM | 4 PPM | 5 PPM | 5 PPM | 6 PPM | 6 PPM | Peningkatan jumlah PPM dosen per tahun |
Peningkatkan jumlah dana PPM
|
Memberikan alternatif sumber dana penelitian baik melalui hibah fakultas, universitas, maupun hibah eksternal (nasional dan internasional) | 20 juta | 20 juta | 30 juta | 30 juta | 40 juta | 40 juta | 50 juta | 50 juta | Peningkatan jumlah dana PPM |
Peningkatan kerjasama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat | Memperluas jejaring komunikasi dengan alumni (tracer study) | Pembentukan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) PSPG | Pembentukan
Pengurus IKA PSPG
|
Pembentukan
Korwil |
Pertemuan
IKA |
Pertemuan
IKA |
Pertemuan
IKA |
Pertemuan
IKA |
Pertemuan
IKA |
Ada komunikasi yang terjalin antara PSPG dengan alumni |
Menjalin kerjasama melalui MoU atau PKS dengan pihak lain, seperti
· PT lain · Sekolah untuk PPL · Instansi terkait
|
1 MoU | 1 MoU | 1 MoU | 1 MoU | 1 MoU | 1 MoU | 1 MoU | 1 MoU | Terjalin minimal 1 MoU atau PKS dengan PT lain, sekolah-sekolah, atau instansi terkait per tahun | |
Mewujudkan tata kelola dan manajemen program studi yang profesional serta berbasis TIK dalam rangka akreditasi A dan terstandar ISO. | Memberikan pelatihan bagi tenaga kependidikan/administrasi prodi, diantaranya:
· Pelatihan ISO · Pelatihan pengarsipan digital · Pelatihan ICT dan Pelayanan publik · Workshop ASN dan Non-ASN TenDik · Pelatihan pembuatan tata naskah dinas · Pelatihan pengelolaan website
|
1 orang | 1 orang | 1 orang | 1 orang | 1 orang | 1 orang | 1 orang | 1 orang | Minimal ada 1 orang tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan per tahun |