Sasaran

Sasaran PSPG dan Strategi Pencapaiannya per Tahun

 

Sasaran

 

Strategi Pencapaian

 

Tahun

Indikator

Capaian

2014 2015 2016 2017 2018 2019 2020 2021
Peningkatan kualitas SDM (tenaga pendidik dan tenaga kependidikan)

 

 

 

 

Memberikan kesempatan studi lanjut bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S2/S3) 1 orang

 

 

 

 

 

1 orang 2 orang 1 orang 1 orang Pada tahun 2021, 30 % dari dosen PSPG bergelar doktor.
Memberi kesempatan kepada tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengikuti lokakarya, seminar, pelatihan, workshop, studi banding 1 orang 1 orang 1 orang 1 orang 1 orang 1 orang 1 orang 1 orang Setiap tahun ada tenaga pendidik atau tenaga kependidikan yang mengikuti lokakarya, seminar, pelatihan, workshop, studi banding.
Mempertahankan keberlanjutan (sustainability) tenaga pendidik dengan penerimaan baru 1 orang 1 orang 1 orang 1 orang PSPG minimal memiliki 1 orang tenaga kependidikan dan 2 orang laboran
Mempertahankan rata-rata kehadiran dosen pada perkuliahan dengan penerapan Berita Acara Perkuliahan 14 14 16 16 16 16 16 16 Rata-rata kehadiran dosen mencapai maksimal

(16 pertemuan)

Melakukan monitoring dan evaluasi (monev) internal kinerja secara berkelanjutan, dan memberi penghargaan bagi tenaga akademik dan non akademik yang berprestasi 1 orang 1 orang 1 orang 1 orang 1 orang 1 orang 1 orang 1 orang Setiap tahun ada minimal satu orang dosen yang menjadi nominasi dosen berprestasi di lingkungan internal Unila
Peningkatan fasilitas, sarana, dan prasarana pendukung perkuliahan Penambahan jumlah ruang kuliah (RK), ruang dosen (RD), ruang seminar(RS), ruang ujian (RU), ruang baca (RB), ruang kemahasiswaan (RH), ruang laboratorium (RL), dan ruang serbaguna (RSG) 1 RK

1 RD

1 RS

1 RB

1 RH

1 RL

 

1 RK

1 RD

1 RU

1 RSG

1 Lab Alam Mini Met Klim

1 RK

1 RL

1 RK

1 RL

1 RK

1 RL

1 RK

1 RL

1 RK

1 RL

1 RK

1 RL

Pada tahun 2021, PSPG memiliki fasilitas dan sarana-prasarana pendukung perkuliahan yang lengkap dan mutakhir
Meningkatkan jumlah peralatan multimedia pendukung perkuliahan

 

1 LCD Projector 1 LCD Projector 1 LCD Projector 1 LCD Projector 1 TV LED 1 TV LED 1 TV LED 1 TV LED Ada penambahan jumlah peralatan multimedia minimal 1 buah per tahun
Meningkatkan jumlah alat-alat laboratorium pembelajaran geografi sebagai penunjang kegiatan praktikum 5

komputer/

Laptop

1 GPS

1 Drone

2 Teropong Bintang

1 Soil Tester

1 Current Meter

1 Stereoskop

1 Anemometer

5

komputer/

Laptop

1 GPS

1 Drone

1 Teropong Bintang

1 Soil Test Kit

1 Munsel Book

1 Set Alat Observasi Met-Klim Mini

5

komputer/

Laptop

1 GPS

1 Stereoskop

5

komputer/

Laptop

1 GPS

1 Stereoskop

5 komputer/

Laptop

1 GPS

1 Drone

1 Stereoskop

5 komputer/

Laptop

1 GPS

1 Stereoskop

5 komputer/

Laptop

1 GPS

1 Stereoskop

5 komputer/

Laptop

1 GPS

1 Stereoskop

Pada tahun 2021, Lab PSPG memiliki alat-alat laboratorium yang lengkap dengan jumlah memadai
Penambahan jumlah pustaka/referensi  berupa buku teks, buku ajar, bahan ajar, dan jurnal ilmiah (baik cetak maupun e-book)

 

10 judul buku teks

2 buku ajar ber- ISBN

2 jurnal

10 judul buku teks

2 buku ajar ber- ISBN

2 jurnal

10 judul buku teks

2 buku ajar ber- ISBN

2 jurnal

10 judul buku teks

2 buku ajar ber- ISBN

2 jurnal

10 judul buku teks

2 buku ajar ber- ISBN

2 jurnal

10 judul buku teks

2 buku ajar ber- ISBN

2 jurnal

10 judul buku teks

2 buku ajar ber- ISBN

2 jurnal

10 judul buku teks

2 buku ajar ber- ISBN

2 jurnal

Tiap tahun, ada penambahan jumlah buku teks di ruang baca, buku ajar ber ISBN oleh dosen PSPG, dan bahan ajar
Pengembangan kurikulum dan kualitas pembelajaran Melaksanakan diskusi rutin pada tiap awal semester tentang kurikulum, perkuliahan, bimbingan skripsi, jurnal, kode etik, dan kegiatan kemahasiswaan yang diikuti oleh dosen, mahasiswa dan alumni. 1 kali 1 kali 1 kali 1 kali 1 kali 1 kali 1 kali 1 kali Diskusi terlaksana dengan rutin, minimal 1 kali per tahun
Meningkatkan kualitas praktikum  (kuliah lapangan) melalui resources sharing dengan instansi lain (sekolah, BMKG, LIPI, BIG) 1 kali 1 kali 1 kali 1 kali 1 kali 1 kali 1 kali 1 kali Kegiatan praktikum melalui resources sharing dengan instansi lain terlaksana minimal 1 kali per tahun
Mengefektifkan kegiatan tutorial akademik melalui seminar rutin prodi yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Geografi (IMAGE) tiap semester 1 kali 1 kali 1 kali 1 kali 1 kali 2 kali 2 kali 2 kali Terlaksananya kegiatan tutorial akademik secara rutin, minimal 1 kali per tahun
Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ilmiah seperti stadium general, seminar nasional dan berbagai pelatihan-pelatihan, baik sebagai pemakalah maupun peserta

 

1 mhs 1 mhs 1 mhs 1 mhs 1 mhs 1 mhs 1 mhs 1 mhs Setiap tahun, ada mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ilmiah
Meningkatkan jumlah perkuliahan yang meng-gunakan TIK dan E-Learning

 

75% TIK dan

25% E-Learning

75% TIK dan

25% E-Learning

75% TIK dan

25% E-Learning

75% TIK dan

50% E-Learning

100% TIK dan

50% E-Learning

100% TIK dan

50% E-Learning

100% TIK dan

75% E-Learning

100% TIK dan

75% E-Learning

Peningkatan persentase MK yang memanfaatkan TIK dan E-Learning tiap tahun
Meningkatkan interaksi antar sivitas akademika melalui peringatan hari kegeografian (hari bumi, hari air, dan lain-lain)

 

1 kali 1 kali 1 kali 1 kali 2 kali 2 kali 2 kali 2 kali Setiap tahun, terselenggara minimal ada 1 peringatan hari kegeografian
Meningkatkan kualitas Perangkat Pembelajaran (RPS dan SAP) 80% memiliki skor monev internal > 900 80% memiliki skor monev internal > 900 90% memiliki skor monev internal > 900 90% memiliki skor monev internal > 900 90% memiliki skor monev internal > 900 100% memiliki skor monev internal > 900 100% memiliki skor monev internal > 900 100% memiliki skor monev internal > 900 Ada peningkatan persentase nilai monev internal perangkat pembelajaran
Meningkatkan peranan pengguna lulusan dalam pengembangan kurikulum 10% 10% 10% 20% 20% 20% 30% 30% Tiap tahun, ada peningkatan jumlah pengguna lulusan yang dilibatkan dalam pengembangan kurikulum
Peningkatan kualitas mahasiswa dan lulusan serta percepatan masa mukim mahasiswa Menggunakan buku kendali akademik untuk menciptakan suasana bimbingan yang teratur, kondusif, dan dinamis. 2 kali 2 kali 2 kali 2 kali 3 kali 3 kali 3 kali 3 kali Pelaksanaan bimbingan akademik minimal 2 kali per semester
Menggunakan lembar konsultasi bimbingan skripsi yang digunakan untuk mengontrol lama masa bimbingan mahasiswa. 12 bulan 11 bulan 11 bulan 10 bulan 9 bulan 8 bulan 7 bulan 6 bulan Adanya percepatan masa bimbingan skripsi dari tahun ke tahun
Penerapan payung penelitian dosen untuk beberapa mahasiswa dalam rangka percepatan masa studi 3 mhs 3 mhs 5 mhs 5 mhs 7 mhs 7 mhs 10 mhs 10 mhs Peningkatan jumlah mahasiswa dalam payung penelitian dosen
Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penggunaan ICT 70% mhs 80% mhs 90% mhs 100% mhs 100% mhs 100% mhs 100% mhs 100% mhs Peningkatan persentase mahasiswa yang menguasai ICT
Meningkatkan kemampuan penggunaan bahasa inggris dan nilai TOEFL mahasiswa 400 410 420 430 440 450 460 470 Peningkatan rerata nilai TOEFL mahasiswa tiap tahun
Penerapan standar indikator penilaian dalam rangka peningkatan rerata IPK mahasiswa dan jumlah lulusan dengan predikat cum laude IPK 3,0

20% cumlaude

IPK 3,0

20% cumlaude

IPK 3,1

20% cumlaude

IPK 3,1

20% cumlaude

IPK 3,2

30% cumlaude

IPK 3,2

30% cumlaude

IPK 3,3

30% cumlaude

IPK 3,3

30% cumlaude

Peningkatan rerata IPK mahasiswa
Percepatan masa tunggu lulusan Menyelenggarakan bursa kerja serta meningkatkan komunikasi dan jejaring alumni sebagai pengguna lulusan 3 bulan 3 bulan 2 bulan 2 bulan 1 bulan 1 bulan 1 bulan 1 bulan Ada percepatan masa tunggu lulusan
Peningkatan jumlah judul penelitian dosen

 

Mengadakan workshop dan pelatihan penulisan proposal penelitian serta adanya roadmap penelitian di tingkat universitas dan fakultas 3 penelitian 3 penelitian 4 penelitian 4 penelitian 5 penelitian 5 penelitian 6 penelitian 6 penelitian Peningkatan jumlah judul penelitian dosen
Peningkatan jumlah dana penelitian dosen . Memberikan alternatif sumber dana penelitian baik melalui hibah fakultas, universitas, maupun hibah eksternal (nasional dan internasional) 50 juta 50 juta 75 juta 100 juta 125 juta 150 juta 175 juta 200 juta Peningkatan jumlah dana penelitian
Peningkatan jumlah publikasi dosen baik tingkat nasional maupun internasional.

 

Pelatihan penulisan artikel dan workhop akses jurnal online 2 jurnal 2 jurnal 3 jurnal 3 jurnal 4 jurnal 4 jurnal 5 jurnal 5 jurnal Peningkatan jumlah publikasi dosen per tahun
Peningkatan jumlah kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PPM) Mengadakan workshop dan pelatihan penulisan proposal PPM serta adanya kerjasama dengan stakeholders 3 PPM 3 PPM 4 PPM 4 PPM 5 PPM 5 PPM 6 PPM 6 PPM Peningkatan jumlah PPM dosen per tahun
Peningkatkan jumlah dana PPM

 

Memberikan alternatif sumber dana penelitian baik melalui hibah fakultas, universitas, maupun hibah eksternal (nasional dan internasional) 20 juta 20 juta 30 juta 30 juta 40 juta 40 juta 50 juta 50 juta Peningkatan jumlah dana PPM
Peningkatan kerjasama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Memperluas jejaring komunikasi dengan alumni (tracer study) Pembentukan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) PSPG Pembentukan

Pengurus IKA PSPG

 

Pembentukan

Korwil

Pertemuan

IKA

Pertemuan

IKA

Pertemuan

IKA

Pertemuan

IKA

Pertemuan

IKA

Ada komunikasi yang terjalin antara PSPG dengan alumni
Menjalin kerjasama melalui MoU atau PKS dengan pihak lain, seperti

·       PT lain

·       Sekolah untuk PPL

·       Instansi terkait

 

1 MoU 1 MoU 1 MoU 1 MoU 1 MoU 1 MoU 1 MoU 1 MoU Terjalin minimal 1 MoU atau PKS dengan PT lain, sekolah-sekolah, atau instansi terkait per tahun
Mewujudkan tata kelola dan manajemen program studi yang profesional serta berbasis TIK dalam rangka akreditasi A dan terstandar ISO. Memberikan pelatihan bagi tenaga kependidikan/administrasi prodi, diantaranya:

·       Pelatihan ISO

·       Pelatihan pengarsipan digital

·       Pelatihan ICT dan Pelayanan publik

·       Workshop ASN dan Non-ASN TenDik

·       Pelatihan pembuatan tata naskah dinas

·       Pelatihan pengelolaan website

 

1 orang 1 orang 1 orang 1 orang 1 orang 1 orang 1 orang 1 orang Minimal ada 1 orang tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan per tahun