PENGABDIAN DOSEN KEPADA MASYARAKAT DI KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN 2020

0
35

Sabtu, 29 Agustus 2020. Pengabdian dosen dilaksanakan di Kabupaten Tanggamus bersama masyarakat setempat dengan salah satu rangakaian kegiatanya adalah melakukan sosialisasi terkait dengan “Sistem Peringatan Dini Bencana Tanah Longsor menggunakan Alat Sederhana dan Teknologi” mengingat bahwa di Kabupaten Tanggamus memiliki resiko bencana tanah longsor yang pernah terjadi maka sosialisasi dan pengenalan alat pengukuran laboraturium yang ada di Program Studi Geografi perlu dipraktikan langsung kelapangan untuk memberikan pemahaman dan edukasi serta mitigasi kepada masyarakat setempat. Pengabdian ini juga dilakukan dengan tetap mematuhi dan menerapkan protokol Covid-19 dan berlangsung secara aman dan kondusif.

Tujuan yang hendak dicapai melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para guru tentang cara pembuatan dan penggunaan sistem peringatan dini bencana tanah longsor  dengan  menggunakan alat sederhana dan teknologi. Guru-guru yang mengikuti pelatihan ini dapat menyebarkan informasi tentang pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh kepada masyarakat sekitar terutama yang bermukim di daerah rawan longsor.

Kegiatan dirancang dan dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Universitas Lampung khususnya prodi pendidikan geografi yang berjumlah 3 orang dan dibantu oleh 2 orang mahasiswa. Metode yang digunakan berupa workshop dan praktek lapangan dengan menggunakan alat-alat laboraturium geografi. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi agenda rutin  yang dilakukan setiap tahun. 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY