Kamis,10 September 2020. Bertempat di Aula A FKIP Universitas Lampung telah diselenggarakannya kegiatan  “Pelatihan Penggunaan Aplikasi ArcGis” dengan mengusung tema “Peran SIG dalam Analisis  Kewilayahan sebagai  Langkah  dalam Kemajuan Revolusi Industri 4.0”  yang diselenggarakan oleh IMAGE (Ikatan Mahasiswa Geografi) Universitas Lampung dan telah diikuti oleh Mahasiswa Pendidikan Geografi  FKIP  Unila dan masyarakat umum sebagai peserta pelatihan. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari sampai pada hari Jum’at, 11 September 2020, Pukul 08:00 WIB – 12:00 WIB.

Pelatihan dilakukan dengan pemateri yang ahli dalam bidang perpetaan dan sebagai salah satu Dosen di Program Studi Pendidikan Geografi yaitu Bapak Listumbinang Halengkara, S.Si, M.Sc. Dengan penanggung jawab Ketua Jurusan Pendidikan IPS Drs. Tedy Rusman, M.Si., Ketua Jurusan Pendidikan Geografi, Dr. Sugeng Widodo, M.Pd. dan Ketua Umum IMAGE FKIP Unila Rizky Setiawan.

Pelatihan penggunaan aplikasi ArcGis ini bertujuan untuk meningkatkan  kemampuan  dan menambah  wawasan mahasiswa  dalam menggunakan dan mengetahui arti penting SIG (Sistem Informasi Geografi)  dan program ArcGis yang diharapkan dapat berpengaruh kepada pola pikir peserta mengenai analisis kewilayahan sebagai langkah awal untuk menyiapkan diri dalam kemajuan revolusi industri 4.0.

Mengingat bahwa SIG merupakan suatu sistem yang sangat penting dan berperan pada kehidupan bermasyarakat, maka diperlukan keterampilan dan kompetensi dalam mempelajari, menggunakan, dan mengaplikasikan SIG di kehidupan sehari-hari. Salah satu program yang merupakan wujud dari Sistem Informasi Geografis ialah ArcGis sebagai salah satu program andalan yang digunakan oleh berbagai instansi baik instansi pemerintahan maupun instansi pendidikan sebagai sarana dalam mempelajari, menggunakan, dan mengaplikasikan SIG di kehidupan dan sangat mendukung untuk pengambilan keputusan.

 

 

 

LEAVE A REPLY