Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial mengadakan kegiatan Review Kurikulum yang dilaksanakan dalam rangka tercapainya tujuan Pendidikan Tinggi yang berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dan memajukan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, sehingga Tercapai mutu pembelajaran pada program studi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan Perguruan Tinggi diseluruh wilayah hukum NKRI sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam SN-DIKTI.

Kegiatan ini dilaksanakan pada  hari sabtu, 20 Oktober 2018 di gedung D1 FKIP Universitas Lampung. Adapun bentuk kegiatan dari Review Kurikulum PS Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Unila, yaitu:

  1. Persentasi dari Kaprodi dan TPMPS.
  2. Menghimpun informasi berupa saran, masukan, dan umpan balik dari berbagai stakeholders, antara lain dari Perwakilan MGMP Geografi, FOGIPSI, IKA Alumni.
  3. Melakukan evaluasi diri dalam rangka menetapkan scientific vision yang sejalan dengan kebijakan universitas.

Peserta Kegiatan Review Kurikulum Program Studi Pendidikan Geografi  Jurusan Pendidikan IPS FKIP Unila ini dihadiri oleh 40 peserta yang terdiri dari dosen dan staf Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan PIPS FKIP Unila yang berjumlah 25 orang dan Peserta Eksternal yang terdiri dari MGMP Geografi dan IPS yang berjumlah 15 orang.

Kegiatan Review Kurikulum Program Studi Pendidikan Geografi  Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung dibuka oleh Ketua Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan IPS FKIP UNILA yakni Bapak Drs. I Gede Sugiyanta, M.Si.

lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi kurikulum yang sedang berjalan di akademik program studi pendidikan geografi oleh Bapak Dr. Sgeng Widodo, M.Pd. serta materi tentang paradigma kurikulum revolusi industri 4.0 oleh Penjamin Mutu Program Studi Pendidikan Geografi yakni Bapak Listumbinang Halengkara, S.Si., M.Sc. .

Selanjutnya dilakukan diskusi dalam hal ini Menghimpun informasi berupa saran, masukan, dan umpan balik dari berbagai stakeholders. Feedback diberikan oleh beberapa peserta eksternal diantaranya adalah: 1. Nursindam, S.Pd. dari SMPN 27 Pesawaran sekaligus ketua FOGIPSI (Forum Guru IPS Seluruh Indonesia) Provinsi Lampung yang memberikan masukan ada kesulitan dalam menyampaikan materi IPS selain Geografi. Fokuskan materi IPS terpadu pada materi diluar geografi ; 2. Ririn Posmarina, S.Pd. dari SMAN 1 Lampung Selatan memberikan masukan matakuliah yang telah dijalankan oleh Program Studi Pendidikan Geografi dalam hal ini matakuliah Geografi Industri yang merupakan matakuliah pilihan diharapkan menjadi matakuliah wajib yang diambil oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi dikarenakan berdasarkan Kompetensi pembelajaran di SMA Kelas XI terdapat paparan materi tentang geografi industri; 3. Tri Permatasari, S.Pd. dari SMA AL Kautsar Bandar Lampung memberikan masukan bahwa materi SIG di perkuliahan menjadi icon Program Studi Pendidikan Geografi mengingat komptensi materi tersebut ada di 2 tingkatan kelas yang berbeda yakni di kelas XI dan XII. Serta feedback oleh peserta lainnya menjadi masukan yang sangat berarti bagi pengembangan kurikulum Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lampung khususnya bagi lulusan nya dimana Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lampung memiliki profil lulusan sebagai berikut :

NO PROFIL (STANDAR LEVEL 6 KKNI) DESKRIPSI
1 Pendidik di SMP/MTs, SMA/SMK/MA. Yang Profesional dan Berkarakter Pendidik/ Guru sebagai penyelenggara pendidikan yang mampu menyelenggarakan kegiatan mengajar, melatih, meneliti, mengembangkan, mengelola dan memberikan pelayanan teknis dalam bidang pendidikan yang professional dan berkarakter di SMP/MTs, SMA/SMK/MA.
2 Analis Geografi Tenaga ahli yang menganalisis atau melakukan analisis dibidang Geografi, mampu mencari dan mengumpulkan data guna penelitian atau pengembangan suatu produk.
3 Praktisi dan Teknisi Pemetaan Tenaga ahli yang mampu membuat Basis Data Spasial, ahli dalam pemetaan baik dalam hal membaca, membuat peta,  menginterprestasi dan mengolah Citra PJ serta merancang dan Membuat database berbasis SIG

 

LEAVE A REPLY